Audi Tanamkan Mesin Porsche Panamera Pada R8 !!!

 Beberapa waktu yang kemudian beredar kabar bahwa Audi rencananya akan segera membekali mesin  Audi Tanamkan Mesin Porsche Panamera Pada R8 !!!

Bintangotomotif.com – Beberapa waktu yang kemudian beredar kabar bahwa Audi rencananya akan segera membekali mesin 2,9 liter Twin Turbocharged V6 terbaru dengan mesin milik Porsche Panamera pada R8 generasi ke dua. Hal tersebut ibarat apa yang dilaporkan oleh Carcops yang menyatakan bahwa mesin tersebut diketahui telah dikembangkan dan ditingkatkan oleh pihak Audi dan Porsche. Tidak hanya R8 saja yang akan dibekali dengan mesin ini, Audi kabarnya juga akan menerapkan mesin yang sama tersebut ke beberapa generasi penerus dari RS4, RS5 dan RS Q5.

Di lain sisi juga diketahui bahwa sesungguhnya mesin tersebut merupakan mesin pengganti 2.4 liter naturally-aspirated V8 yang sebelumnya telah ditanam pada generasi pertama audi R8. Penggunaan mesin Twin Turbo V6 ini dikarenakan alasannya yaitu beberapa alasan diantaranya selain lebih efisien, mesin V6 ini jauh lebih bertenaga. Hal ini terbukti dikala mesin ini disematkan pada Panamera 4S, kendaraan beroda empat sport ini dengan kencangnya bisa melaju dan mengeluarkan tenaga sebesar 434 HP pada putara 5.650 rpm dan bisa mencapai maksimum torsi 405 lb-ft antara 1.750 rpm – 5.500 rpm.

Untuk materi pembanding, Audi R8 yang dibekali mesin 4.2 liter naturally-aspirated V8 justru hanya bisa menyemburkan daya maksimal 414 Hp saja. Sebenarnya, Audi sendiri bisa saja memakai tenaga yang sama dengan Panamera 4S ini. Akan tetapi, banyak dugaan yang menyebutkan bahwa pabrikan otomotif asal Jerman tersebut akan meningkatkan tenaganya menjadi lebih dari 500 Hp dengan torsi puncaknya mncapai 500 lb-ft.

Di sisi lain, Audi R8 ini pun diketahui bahwa akan bersaing dengan saudaranya Porsche 911 Turbo S yang dibekali dengan mesin 3,8 liter di mana mempunyai tenga 580 Hp dengan capaian maksimum torsi sebesar 553 lb-ft. Tak hingga di situ sja, Audi R8 pun juga akan berhadapan pribadi dengan Mecedes AMG GT S yang juga akan dipersenjatai dengan mesin 4.0 litr V8 Biturbo di mana mesin tersebut diklaim akan bisa menghasilkan tenaga dorong sebesar 510 Hp dan bisa mencapai torsi hingga angka 650 Nm.