Inilah Diam-Diam Memperpanjang Usia Pakai Ban Kendaraan Beroda Empat Yang Perlu Kau Tahu!

Ban kendaraan beroda empat yang yang prima kondisinya yakni syarat mutlak ketika memutuskan berkendara. Jangan paksakan berkendara, apalagi kalau menempuh perjalanan yang panjang. Sangat berbahaya. Selain berbahaya buat diri sendiri, juga membahayakan orang lain.

Nah, rekan Bintom semua tentu berharap semoga ban kendaraan beroda empat kesayangan awet, tahan usang alias panjang usia pakainya. Memang sih, ban itu ada masa usia pakainya. Hanya saja, kalau kita ceroboh dalam berkendara, beberapa tindakan yang kita lakukan justru memperpendek usia pakai ban itu sendiri.

Berikut ini beberapa tips yang dapat menjadi pedoman, cara memperpanjang usia pakai ban kendaraan beroda empat kita. Apa saja itu?

Memperpanjang usia ban kendaraan beroda empat jg dapat dilakukan dengan perawatan yang baik dan teratur. Apa saja bentuk perawatan itu? Lakukan spooring, balancing, dan juga dengan menjaga tekanan angin ban. Jangan hingga tekanan ban terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah. Ketika mencicipi ada yang tidak beres dengan keseimbangan stir, jangan tunda lebih lama, segera ke bengkel untuk melaksanakan pengecekan.Hindari perilaku atau mengemudi yang agresif. Seperti apa perilaku mengemudi yang agrsif itu? Misalnya menyerupai sering rem mendadak. Lakukanlah pengereman dengan normal. Pengereman yang mendadak, selain menciptakan tidak nyaman penumpang, juga ternyata berefek tidak baik untuk ban. Ban akan menjadi cepat aus. Selain itu, juga berefek jelek terhadap sistem pengereman, contohnya kanvas rem yang cepat aus.Sikap bergairah mengemudi lain yang juga dapat memperpendek usia pemakaian ban yakni menikung tapi dengan kecepatan yang tinggi. Saat menikung, kendaraan beroda empat butuh keseimbangan. Ban lah yang menjadi tumpuannya. Jika dipaksakan juga dengan kecepatan yang tinggi, maka ban akan mendapat tekanan dan gaya gesek yang tinggi, terutama pada salah satu sisi. Ini tentunya juga akan menyebabkan ban kendaraan beroda empat cepat aus.Agar ban kendaraan beroda empat tetap awet, berkendaralah dalam kecepatan normal. Mengapa? Karena semakin cepat kendaraan beroda empat melaju, maka akan semakin tinggi juga tingkat defleksi ban.

Demikian beberapa tips terkait cara memperpanjang usia pakai ban kendaraan beroda empat yang perlu diketahui. Jika ban kendaraan beroda empat aewt masa pakainya, tentunya juga akan dapat menghemat pengeluaran rutin kita.

Dengan begitu, maka kita dapat menabung. Bukan begitu? ??